DIY buka shockbreker depan karet pasang dudukan per ganti tierod stabilizer
-ini karet dudukan per atas dan bawah utk depan
-ini dudukan per bawah
-ini dudukan per atas gw pake SGP part
caranya :
-kendorkan baut shock dgn bantuan kunci L ditengahnya
-atau bisa dipake bantuan pipa besi seperti ini supaya ada tenaga buat mutar baut keras
-buka tierod stabil dgn bantuan kunci L ditengah juga utk tahan
-buka 2 baut knukle.. biasanya keras.. perlu tambahan pipa buat tenaga muternya
-buka dudukan kabel ABS
-buka 3 baut shock .. siap2 shock akan lepas terjatuh.. ganjal atau pegang pake sebelah tangan pas 3 baut hampir lepas.. agar tidak terhempas ke bawah .. hati2 !
-setelah lepas 1 set shockbreker
-kali ini menerapkan cara ikat pake kawat ulir2 per.. tujuan agar nanti pemasangannya tidak sulit menekan per :D cara lbh simple yah pake treker seperti cara gw bongkar shock blakang... (lihat sini)
-setelah itu buka baut tengah shock utk melepas mangkuk atas / ini sering disebut support shockbreker
menimbulkan bunyi jg kalo karet tengahnya hancur
-kalo yg ini bearing shockbreker.. fungsinya utk memperingan putar setir /roda saat belok2 :D
kalo uda hancur ganti aja.. ini bearingnya bahan plastik
-lalu lepaskan per karet boot, stooper juga.. cuci sampe bersih kalo mau enak dipandang :D
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgt9ChsqFclMf43bdZ8OQXNxvfi36z2CcVInBeoGUGP9tKk2vkuOoUcQMnXBs1vTVqBfiPZIqQB9yzmpCBGdD2b7E422w_QZgTI47QicQ1VQaOnLrtLVmNYvTEKOMeqh0DlkV8NdIURYLA/s1600/IMG00371.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzP1QmAyEB1FWvJYpzovVkFqTsHxp9kcTevYFkteqTqu4nGFALlXzHWtdrAdCJOAwhxv1m3wP6TMYRTBOFyUk_pbu7vq4V4vrJZuoyPuAqC3ah6msR7CbqAFRT6PiLYzWWtYBE7q72i38/s1600/IMG00373.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA9o1EPVNqPPfh4VTj5fO5HC1oJSqdoUKfQq1EtPbPVadB1ZenB9I7bqjNQUN7eH5DDQlpQaWtLxvTKG3CsP77T1kIUuXZkzGBfJt0z8rW2sHhI-5c8KEAbyALPDKiLKl8wreBLDILJbU/s1600/IMG00372.jpg)
- ini stooper bawaan bahan spoon keras uda hancur
-ganti pake stooper futura.. stooper apa aja gak masalah asal jgn karet keras.. krn fungsinya meredam benturan antara shock dan mangkuk saat shock bergerak maksimal
-gw cat ulang shock,per, mangkuk nya jg
-ini suasana posisi dongkrak dan jack stand
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJnhLuIUfN2JA1OHtppn9pGeE-6NH3E0VZa2T-Qdv0ZyJb8lrYeNjq6YmETmu0FDifiuOP2T1wUj7xzH_yoZwjKbTRa_Y-z6c0b9fEzEHI9mpct-AczWCz1PB4lq51nDs5Gf2aWREwRyI/s320/DSCI0020.JPG)
-perhatikan tulisan out di mangkuk tengah sblm mangkuk atas.. posisinya hadap keluar / sejajar dgn posisi dudukan knukle roda di shock
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb-TDUJy5KKRZAh5T0upGYU7su5mXZZFHczfFZx5Zao3YH3n7Y4yAZ0GnHDmTZlwLfuMscoxrX119NmRB9G_cG9FhPD9tfkoi1G15VaMPoVfbeFxjnA-FECEjiLMcRc0ac0HyvJmG4vGM/s1600/DSCI0022.JPG)
-ini posisi karet per atas dipasang dibawah mangkuk tengah
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjm8Otjxoiy-IQBClIsa_-VlyDsyn0ECbubud3EmmJ8UXOqlU1XaNK3be6XAZLC_mUkTbRxh7V3B8mg9rgrxNo7VStz_msb3tl0vStJfQGnFpRCU0pH_lsYoGWtqgeChRZ_Dq8nrBae910/s1600/DSCI0023.JPG)
-rakit ulang, susun karet dudukan per bawah, stooper, karet boot shockbreker
dilanjut pemasangan per mangkuk tengah trus mangkuk atas
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3o2Y9T8q8X8ekm7bNErdekpwKl7ZgM3PEzkGdL9siv0bqKZztJPWO0CB1LzfK0wMyaGA_au7tHsdtFdIlf2kKGiomMz_oY04zBvMGv0cjQzhTGuXA86QSmHABnRP6bREKt3wtOZTbEC4/s1600/DSCI0024.JPG)
-setelah selesai baut shock tengahnnya ... kencangkan lagi apabila uda terpasang di mobil
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOwE8fl4GIEXg5Pteg4dNoLb02RRv5TxoGotQN3hJEG_uq4HzbyDXHazDQPm8cfIcFlVr85mYsCHIc0U7BxWLsJhW-F7FaqM5FfiRqPqIPxEEXa1FhzlAcGrR2fhx8bIGj5tiEU_HXW2E/s1600/DSCI0026.JPG)
-pasang kembali ke posisi nya
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNDCVPkzbyFQwbZvw4vDnfWVPw3vg7DWmcR4Tkp2wPdVF6l2PInIB8B0_Uxi72Vg7_Etvp9x8OSJydOsm1fgDd6JpZrtsSlpmZOzda9CUizxsQIU9eS2lIx5EwCIHguT_gPfZof7lWbgo/s1600/DSCI0030.JPG)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhV1Ep3PRcfhMSYcnP2ARmevrO3zD_VyMYT19CLAY6zewUhl6qD8h3tOY4HuITiEbKKVczqLN2DSy0UC3oWAsMg7FA_XHdWZZa711mHX9A5E_g0uPBoWkCx7mmYEAj9dj725m8pgsy3soQ/s1600/DSCI0029.JPG)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCuTJOKJEqgJmGGuMD2EqjnTDFsnPX1Hwvu6rxHe7b7ZWNXDZLO0MAKy19uRYdBQLVSBHvEaVauGtPePtg7t39DWunM5uroWKNgNMPSP7jxy107aDM_FeyUSmxqs5JGKqbM6VKeeQFQPs/s1600/DSCI0028.JPG)
-karena sekalia bongkar gw mengganti tierod stabil juga krn uda jelek kondisinya ... uda pernah di press juga dulu
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsgrB4XxfZ87uNXwc3yI3699tN4IipTsyJlrBaWtelNEUZaVUcVyVhOAAc84Z2V8wvy6DYTMX2VSzI7-wIeG82wwKPmIMgU6-j7vBw_Kf5W2jX2AvnEOeWx8kyc1T7GabZ4pgh74peH_k/s320/DSCI0025.JPG)
-perbandingan tierod stabil lama dgn yg baru .. yg penting ukurannya sama panjang kalo misal gak ada part original nya
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4k4TI0omdC5l4N_7IiF7aXeXs1qlvaQbERf_NDEEHM3ctO9JDBw88F7s2813_nfa6rqMdHY3VzB_RoJU9YGMi7eJAFhhw26yCoYGMAkpTa2hezKga0Izd5Gva5wB4A2iffvrmfSIEI3A/s320/DSCI0027.JPG)
-lalu tinggal pasang kembali tierod stabil...
cek ulang smua baut2 sblm menyelesaikan kerjaan :D
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.