Thursday, February 20, 2014
DIY buka shockbreker depan karet pasang dudukan per ganti tierod stabilizer
-ini karet dudukan per atas dan bawah utk depan
-ini dudukan per bawah
-ini dudukan per atas gw pake SGP part
caranya :
-kendorkan baut shock dgn bantuan kunci L ditengahnya
-atau bisa dipake bantuan pipa besi seperti ini supaya ada tenaga buat mutar baut keras
-buka tierod stabil dgn bantuan kunci L ditengah juga utk tahan
-buka 2 baut knukle.. biasanya keras.. perlu tambahan pipa buat tenaga muternya
-buka dudukan kabel ABS
-buka 3 baut shock .. siap2 shock akan lepas terjatuh.. ganjal atau pegang pake sebelah tangan pas 3 baut hampir lepas.. agar tidak terhempas ke bawah .. hati2 !
-setelah lepas 1 set shockbreker
-kali ini menerapkan cara ikat pake kawat ulir2 per.. tujuan agar nanti pemasangannya tidak sulit menekan per :D cara lbh simple yah pake treker seperti cara gw bongkar shock blakang... (lihat sini)
-setelah itu buka baut tengah shock utk melepas mangkuk atas / ini sering disebut support shockbreker
menimbulkan bunyi jg kalo karet tengahnya hancur
-kalo yg ini bearing shockbreker.. fungsinya utk memperingan putar setir /roda saat belok2 :D
kalo uda hancur ganti aja.. ini bearingnya bahan plastik
-lalu lepaskan per karet boot, stooper juga.. cuci sampe bersih kalo mau enak dipandang :D
- ini stooper bawaan bahan spoon keras uda hancur
-ganti pake stooper futura.. stooper apa aja gak masalah asal jgn karet keras.. krn fungsinya meredam benturan antara shock dan mangkuk saat shock bergerak maksimal
-gw cat ulang shock,per, mangkuk nya jg
-ini suasana posisi dongkrak dan jack stand
-perhatikan tulisan out di mangkuk tengah sblm mangkuk atas.. posisinya hadap keluar / sejajar dgn posisi dudukan knukle roda di shock
-ini posisi karet per atas dipasang dibawah mangkuk tengah
-rakit ulang, susun karet dudukan per bawah, stooper, karet boot shockbreker
dilanjut pemasangan per mangkuk tengah trus mangkuk atas
-setelah selesai baut shock tengahnnya ... kencangkan lagi apabila uda terpasang di mobil
-pasang kembali ke posisi nya
-karena sekalia bongkar gw mengganti tierod stabil juga krn uda jelek kondisinya ... uda pernah di press juga dulu
-perbandingan tierod stabil lama dgn yg baru .. yg penting ukurannya sama panjang kalo misal gak ada part original nya
-lalu tinggal pasang kembali tierod stabil...
cek ulang smua baut2 sblm menyelesaikan kerjaan :D
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.