Monday, February 17, 2014
FAQ Pengaruh Ukuran Ban Besar
T : Hallo teman-teman semua.. Mau minta saranya donk! Saya ada Supra X 125R, tapi belum lama ini semua ban rodanya saya ganti dgn ukuran yg lbh besar dr ukuran standard [depan = 90/80 & blkg = 100/80, ukuran 17 & tanpa ban dalam semua]. Saya mau menanyakan ttg bagaimana pengaruhnya terhadap motor itu sendiri, selain mesin akan bekerja lbh berat dan mungkin dpt menimbulkan kerusakan.
Yg ingin saya tanyakan :
1. Bagian manakah dr motor yang akan cepat rusak?
2. Seandainya ada sparepart yang perlu segera diganti, apa namanya?
J : Pengaruh ban besar terhadap motor (bebek), tidak terlalu signifikan, hanya seperti yang bro bilang tadi, akselerasi jadi agak lambat tapi untuk manuver akan lebih baik Untuk kerusakan yang berarti, saya kira ngga ada (normal) tapi sayangnya, ukuran ban yang bro gunakan untuk sehari-hari terbilang over (kegedean). Pemakaian sehari-hari, maksimal ukuran ban untuk bebek, biasanya untuk depan 70/90-17 atau 80/80-17, bisa juga ditambah 1, jadi 80/90-17,...dan untuk belakang maksimal (bebek) 90-80-17. Pemakaian ban seperti yang bro terapin di motor, kurang cocok untuk harian, kecuali di trek balap, di Indonesia pun, pembalap-pembalap nasional menggunakan ukuran 90/80-17 untuk ukuran depan dan belakang. Satu yang jadi pertanyaan saya,........apakah dengan ukuran belakang 100/80-17 tidak membuat ban mentok ke brake handle ! (besi pegangan tromol belakang ke swing arm),..karena saya pribadi make ban ukuran 90/80-17 untuk belakang hampir mentok ke handle tsb (hanya tersisa jarak -+ 0.001 mm), lain permasalahannya kalo bro dah ganti swing arm model racing yang banyak dijual di pasaran. Selain itu dampak yang ditimbulkan jika ukuran ban terlalu besar yang paling kerja ekstra yaitu kalo gear dan rante, biar ga ngap2an dijalan coba ganti juga tu gear sama rante yg aga gedean dikit. Untuk gear bisa pake ukuran 38 n rantenye pake punya GL.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.