Sunday, February 23, 2014

cara membuat motor supra x 100cc kencang


STEP 1 (MEMPERBESAR MUTU API)
Pengapian sangat
berperan penting pada mesin motor. Bagian-bagian dari pengapian motor C-Series adalah sepul,magnet,CDI,coil,busi. Sekarang kita berbicara tentang sumber penghasil
api yaitu sepul dan
magnet. Kebanyakan orang kurang mengetahui fungsi dari kedua jenis benda ini, untuk itu mari kita bahas fungsi kedua benda ini. Fungsi keduanya adalah sebagai penghasil listrik yang biasa disebut api oleh para mekanik. Kedua benda ini menggunakan sistem induksi magnet untuk menghasilkan api.
Cara memodifikasi sepul
pun beragam, namun yang cocok untuk kohar adalah dengan menggulung-ulang sepul api. Gunakan kawat tembaga ukuran 0,1 mm, lalu gulung ulang sepul api, banyaknya gulungan sekitar 600-700 lilitan. Sebaiknya menggunakan magnet yang masih
normal.
Berlanjut ke CDI yang
merupakan otak dari pengapian. CDI sangat rumit untuk dimodifikasi, saran saya membeli CDI aftermarket yang sesuai kebutuhan. CDI-CDI yang dijual di pasaran sudah banyak jenisnya, seperti unlimiter,racing, bahkan programmer. CDI unlimiter merupakan CDI yang tidak membatasi RPM mesin,
jadi semau-mau kita
menggeber tunggangan. CDI racing merupakan CDI yang memajukan timing pengapian namun tetap dibatasi RPMnya agar mesin awet. CDI Programer merupakan CDI canggih, kita dapat menyeting sendiri derajat pengapiannya serta limit RPM harganya berkisar 800rb-1,2jt. Coil merupakan pembesar api dari CDI menuju busi, coil juga merupakan lilitan.           
Banyak Coil aftermarket yang sudah beredar di pasaran. Ada juga pendapat bahwa coil mobil bagus, namun saya menyarankan menggunakan coil asli dari motor SE(special engine ). Memang agak mahal sekitar 600rb-800rb tapi aman untuk keawetan komponen lainnya. Namun masih ada coil aftermarket yang lebih murah dengan merk blue thunder dan yoshimura yang harganya
bersahabat, yaitu sekitar
130rb-175rb.
Komponen terakhir
pengapian adalah busi. Semua pasti telah mengenal benda ini, tapi tunggu dulu, apakah anda mengenal jelas benda ini??
Untuk performa yang
maksimal sebaiknya menggunakan busi racing namun jangan sembarang racing, mari saya pandu dalam memilih busi racing. Jangan pernah menggunakan busi dengan kepala banyak, contohnya kepala dua, tiga, ataupun empat. Carilah busi yang memiliki ujung batang karbon runcing dengan alasan agar api terpusat dan tidak pecah atau menyebar.

STEP 2 (KNALPOT)
Pembuangan pada motor sangat berpengaruh
pada tenaga yang dihasilkan oleh kuda besi kita. Kenaikan yang tenaga yang dihasilkan dengan penggantian knalpot mencapai 0,5 DK atau lebih, tergantung knalpot yang kita gunakan. Untuk itu penggunaan knalpot semi racing ataupun racing
sangat berpengaruh pada
tenaga yang dihasilkan. Mengapa saya bilang knalpot semi racing?
Karena pada dasarnya
knalpot racing yang beredar di pasaran merupakan knalpot yang dibuat dari spek motor standart. Kalau anda ingin mendapatkan knalpot yang benar-benar racing dan sesuai dengan karakter mesin anda, anda harus memesan khusus di tukang-tukang knalpot yang  benar- benar sudah mendalami dan terbiasa membuat knalpot untuk race. Saya akan memberi Sekarang saya beri tips ringan dalam memiih knalpot. Finally semua keputusan ada di tangan anda mau memilih knalpot dengan silencer pendek atau panjang

STEP 3 ( SPUYER KARBULATOR)
Karbulator berperan
penting dalam komponen mesin, karena karbu merupakan suatu alat yang menyediakan campuran udara dan bensin untuk mendapatkan suatu campuran yang siap untuk dibakar di dapur pacu. Perbandingan ini pun sangat berarti, karena dapat menentukan tingkat keborosan bensin. Pada mesin 4 tak penggantian knalpot tidak perlu diikuti oleh penggantian spuyer (pilotjet), namun untuk memperoleh hasil yang maksimal penggantian spuyer pun disarankan. Coba anda piker pengeluaran yang lebih besar tapi tidak diikuti oleh pemasukan yang besar juga?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.