Sunday, February 16, 2014

Tips Tentang VELG

Buat rekan yang pakai velg racing(variasi), pastikan ada embos JWL atau VIA yg tertera di embos belakang velg. Hati-hati jangan sampai velgnya mendadak copot saat sedang jalan, seperti ini :




Berikut saya kutip sebagian dari http://www.jbautofashion.com/update/tips/1848-bagaimana-kualitas-dan-kekuatan-velg-replika

Badan internasional yang menangani standarisasi untuk velg racing adalah Japan Light Alloy Automotive Wheel Testing Council (JWL) dan Japan Vehicle Inspection Association (VIA) dengan website yang bisa diakses di :http://www.jwtc.jp/open/html/e/situmon1.html

Setiap pabrik yang memproduksi velg harus melewati beberapa tahap proses pengecekan sebelum diperbolehkan membubuhi tanda JWL dan VIA pada velg produksinya sebagai tanda bahwa velg tersebut sudah lulus uji.
Pengecekan dilakukan mulai dari tahap produksi awal sampai tahap terakhir pengecekan kekuatan menahan benturan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengguna velg tersebut.

Pemakaian tanda JWL dan VIA hanya diperbolehkan apabila pabrik tersebut sudah mencapai standarisasi yang sudah ditentukan dan pemakaian diluar ijin dianggap sebagai tindakan melanggar hukum.

Tanda ini terdapat di velg-velg standar bawaan mobil / OEM mobil, velg original (contoh : jepang, amerika, itali, jerman, dll) dan juga ada pada velg-velg replika untuk menjamin bahwa produk yang diproduksi kuat dan aman untuk dipakai sesuai dengan fungsi dan aturannya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.