Monday, January 20, 2014

DIY perbaiki switch saklar lampu dan posisi relay



 awal permasalahan :
mendadak mobil saat kita menyalakan lampu besar(headlamp) yg dekat tetapi lampu jauh juga menyala.. padahal ini kondisi standar bukan ada tambahan relay lampu.. saat kita dimm lampu jauh ,lampu dekat nya mati (normal) saat kita lepas lampu dekat nyala tapi lampu jauh tetp hidup (gak normal)
saat kita posisi kan lampu jauh ,lampu dekat nya mati (normal)
jadi permasalahannya lampu jauh selalu nyala disertai indikator lampu jauh di dashboard menyala trus...
hal ini tentu berbahaya selain panas berlebih karena 1 bohlam lampu nyala 2 elemen... bisa 2 juga kabel gak tahan biar meleleh.. atau tuas lampu meleleh... atau juga bohlam meletus/pecah...
maka jangan anggap remeh bila lampu kendaraan seperti ini



setelah di cek relay2 lampu gak masalah.. ternyata permasalahan tertuju pada tuas lampu / saklar lampu / switch lampu yg bermasalah
solusi nya bila parah harus mengganti 1 set... dgn harga yg lumayan mahal...
tp disini gw coba perbaiki karena di hari yg sama permasalahan muncul lgsg di beresin... ternyata belum sempat hangus switch lampu nya :D jadi masih bisa di akalin/ perbaikin





- ini relay2 utk ngontrol tuas lampu / switch lampu
relay garis pertama yg atas utk headlamp, relay garis merah yg bawah utk lampu senja.. jadi yg berkaitan dgn senja di kontrol relay ini.. bila relay ini lepas... bila kita puter tuas lampu 1 kali(posisi/senja)
lampu dashbord ,lampu senja, foglamp, tidak menyala (yg berkaitan dgn lampu senja tdk nyala)


-ini modul central lock di sudut kanan atas bawah spedo meter

-ini relay lampu sein ,juga  hazzard

-buka cover belakang setir ini dgn membuka baut di tengah bawah.. lalu puter setir ke kiri  nanti nampak baut (hadap ke kita baut nya bila kita duduk di kursi)
lalu puter ke kanan lagi supaya bisa lepasin baut nya... setelah dua baut yg hadap ke kita lepas tinggal congkel pelan hingga lepas.. bila menggangu turun kan dulu handle tilt steering (pengatur tinggi rendah setir)



-lepaskan soket kabel nya

-lepaskan 2 baut lalu copot dgn cara tarik

-lepas  kabel nya



-ini pasangan utk sein  yg gw kasi tanda panah.. mesti konek.. kalo gak pas belok sein nya gak otomatis mati :D

-ini yg di garis itu nempel(seharusnya gak boleh nempel saat lampu dekat)
tampak juga gosong dikit... plastik nya hampir mau meleleh ..

-ganjal dulu dgn obeng biar gampang bersihin nya

-ini tampang gosong dikit gara2 lampu nyala trus

 -bersihkan kerak2 carbon nya dgn kapas atau sejenis nya di kasi alcohol/tinner kapas nya :o
boleh juga pake cairan semprot contact cleaner



-ini plastik utk geser2 saat kita memainkan tuas lampu setir... plastik ini tampah hangus/meleleh dikit karna kepanasan... jadi disarankan jangan pernah main tuas lampu setengah2/gamtung.. ebih baik tarik full atau dorong full.. kalo setengah2 di khawatirkan seperti ini 


-di tambahin timah.. tp timah jg kasar..mesti rapi berbentuk bulat mulus biar gak bikin lecet plastik geser nya ...lalu kasi grease tipis biar gak cepet aus ..

 -ini posisi pas lampu dekat


-ini posisi saat lampu jauh

-ini posisi saat dimm lampu jauh

setelah selesai rakit sepeti semula :D
cek ulang lagi kerjaaan barusan !!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.