Tuesday, January 28, 2014

FAQ Knalpot Nembak

T : Saya tune up rutin ke ahass seperti biasa. Setelah itu kok tiap beberapa menit, knalpot saya suka terdengar ledakan seperti bajaj gitu. Terus mesin jadi suka mati. Kenapa ya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

J : Knalpot nembak-nembak disebabkan pembakaran yang kurang baik....+ stelan kerenggangan dari klep (mesin 4 tak). Pembakaran itu ada karena adanya segitiga pembakaran (udara, bahan bakar dan sumber nyala/api).
Nach dari sini kita bisa ambil itung-itungan :
1. UDARA
Penyebabnya : Pasokan udara yang terlalu irit atau terlalu kaya Solusinya: Setel ulang stelan udara di karburator dan/atau bersihkan filter udaranya.
2. BAHAN BAKAR,
Penyebabnya :
- Kualitas bahan bakar yang kurang baik - Pasokan bensin yang terhambat atau terlalu kaya Solusinya:
- Kuras tangki dan gunakan kualitas bahan bakar yang baik dengan tidak sembarangan isi bensin di sembarang tempat.
- Stel ulang baut setelan bensin yang ada di karburator + bersihkan sekalian karburator, mungkin ada kotoran yang menghambat
3. SUMBER NYALA/PENGAPIAN (busi+kabelnya)
Penyebab: kerenggangan busi yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan pabrikan, atau pemakaian busi yang kualitasnya kurang baik/uzur atau kabel busi yang tidak cocok/cacat dlsb Solusi: Stel kembali kerenggangan businya bila busi sudah jelek, diganti cek kabel businya apakah cacat/terkelupas kabelnya atau kotoran di "cangklong" kabel busi

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.