Wednesday, February 19, 2014

Memeriksa Membersihkan dan Setting Busi



 1. Memeriksa Busi
Cara memeriksa busi adalah dengan melihat kondisi busi dari perubahan warna pada elektroda dan isolator. Jika warna isolator berwarna kuning atau sawo matang atau coklat, maka busi masih dalam kondisi bagus. Kondisi busi yang sudah tidak normal adalah sebagai berikut :
- busi ada endapan, terdapat endapan keputih-putihan melekat pada sekitar elektroda
- busi berjelaga atau basah
retak, isolator retak karena perubahan suhu yang mendadak
meleleh, karena panas yang tidak normal
elektroda usang
2. Membersihkan busi
Busi jika telah dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka akan timbul kerak karbon. Ini karena busi terkena gas sisa pembakaran apalagi kalau terjadi pembakaran yang tidak sempurna pada mesin. Cara membersihkannya yaitu dengan menggosoknya dengan sikat kawat pada bagian elektroda busi. gosoklah berulangkali sampai keraknya terlepas dari elektroda.
3. Menyetel Celah Busi
Dalam jangka waktu yang lama karena percikan api terusmenerus dan panas pada ruang bakar menyebabkan celah busi membesar atau melebar. Sehingga perlu menyetel celah busi pada saat perawatan sepeda motor.
cara menyetelnya adalah dengan alat ukur (feeler gauge) disesuaikan ukuran ketebalan busi sesuai pula dengan spesifikasi. bila terlalu sempit maka percikan api tidak akan keluar sempuna, juga sebaliknya jika terlalu lebar. Jika terlalu lebar kita ketuk elektroda busi hingga mencapai celah yang ideal, jika terlalu sempit kita bisa menggunakan obeng(-) untuk memperlebar celah busi mencapai celah yang ideal
3. Memeriksa kualitas percikan api busi
pertama-tama lepaskanlah tutup kepala busi atau kabel busi, kemudian lepaskanlah busi dari kepala silinder mesin.dengan menggunakan kunci busi. tempelkanlah busi ke besi mesin yang berfungsi sebagai massa.
posisikan kunci kontak pada posisi on kemudian starter mesin dengan starter engkol atau elektrik jika bunga api berwarna biru dan kuat beertanda busi masih normal. jika api berwarna merah dan lemah atau tidak ada loncatan api dapat diartikan busi sudah rusak atau tidak normal

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.