Monday, February 3, 2014

Tips Merawat Aki mobil agar tahan lama

Aki merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan berkendara. Jika aki sudah soak, maka mobil juga akan sulit dihidupkan. Merawat aki susah susah gampang. Tetapi semua itu ada solusinya. Berikut beberapa tips cara merawat aki agar tetap awet :
1.Tepat Waktu dalam mengganti aki
aki biasanya tahan hingga 4 tahun. Tetapi sekarang umumnya aki sudah diganti 1 tahun saja karena tidak merawatnya dengan baik.Aki yang sudah habis masa pakainya harus segera diganti dengan aki yang baru.
2. Panaskan mobil secara rutin
Tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama dapat memperpendek umur aki. Lakukan pemanasan mobil secara rutin untuk menjaga aki supaya awet.
3.Matikan semua kelistrikan ,ac, lampu maupun radio di dalam mobil sebelum mematikan mesin. Ini dilakukan agar ketika menghidupkan mesin aki hanya berfokus pada sistem stater.
4.Cek kebersihannya.
Cek apakah terjadi korosi atau tidak pada terminal aki. Jika ada, siramkan air panas pada terminal-terminalnya atau menggunakan campuran baking soda kemudian menyikatnya dengan sikat kawat.
5.Kabel Aki harus terikat kuat
Kabel yang terhubung dengan terminal pada aki harus terikat dengan kuat.Pastikan tidak ada goyangan pada saat kita mencoba mengggerakkannya. Jika kendor maka akan memutus hubungan listrik dengan aki sehingga mobil tidak dapat pasokan listrik.
6. Periksa cairan elektrolit dalam aki
Pastikan ketinggian cairan elektrolit pada level yang cukup. Jika sudah mencapai level low, maka aki harus ditambah dengan cairan elektrolit lagi (asam sulfat).Penyebab cairan elektrolit itu berkurang karena penguapan karena panas atau terdapat kerusakan dalam aki tersebut.
7.Jika mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama ,copot terminal negatif pada aki agar listrik yang tersimpan di aki tidak disedot terus menerus.
8.Gunakan penutup aki agar aki tidak terkena panas dari mesin mobil.
Itulah tips merawat aki agar tahan lama. Jika ada yang ingin menambah ,silahkan tulis di dalam kotak komentar. Semoga kita dapat merawat mobil kita dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.