Saturday, March 8, 2014

Mesin Mobil Susah Dinyalakan

Mekanisme dari starter mobil adalah sbb :


1. Kontak menghidupkan solenoid switch.
2. Solenoid mengalirkan memajukan gigi pinion/gigi bendik dari starter sehingga masuk gigi gendeng, solenoid starter juga mengalirkan arus besar dari accu ke dinamo starter (bunyinya cetek).


3. Dinamo berputar memutar gigi gendeng dan kruk as (bunyinya cengengeekk), nah kalau ngga ada bunyi cengengeekk tapi cetek-cetek doang berarti cuman solenoid yang kerja tapi dinamo starter ngga muter. Kalau bunyinya nya cengengek kasar ndet-ndetan.. bisa jadi gigi pinion/gigi bendik nya rusak. Kruk as muter, klep bekerja, piston bekerja, delco-platina bekerja, pompa bensin bekerja. Nah kalau masih ngga mau hidup, biasanya karena :
- supply bensin macet, cek filter bensin apakah kosong atau penuh. Jika kosong lakukan :
a. cabut selang bensin dari tangki yang masuk ke filter. Coba sedot bensin dari selang dengan mulut, jika selang terlalu pendek/bawah gunakan sedotan atau selang bensin motor, tancepkan ke selang bensin. Jika disedot terasa ringan berarti jalur pipa dan selang dari tangki lancar, jika terasa berat maka tangki dan selang-pipa nya harus dikuras. Caranya : http:///2013/02/charade-membersihkan-pipa-dan-tangki.html

Filter bensin
Jika jalur pipa dan selang bensin lancar, pastikan tangki bensin ada bensinya :D . Kemungkinan berikutnya adalah filter bensin kotor, Copot filter bensin dan cuci, ganti baru jika bisa. Jika bensin masih ngga penuh di filter bensin, kemungkinannya adalah pompa bensin lemah. Lakukan hal berikut :
b. Isi penuh selang dan filter bensin. Selalu sedia selang bensin motor, sebotol bensin dan corong. Buka tutup filter udara, percikan bensin ke karburator dan lakukan start. Jika masih susah hidup setelah berkali-kali dicoba berarti ada masalah di pengapian (jangan mencoba starter berkali2 tanpa istirahat, lakukan istirahat 15-30 detik sebelum mencoba starter agar dinamo starter tidak jebol karena overheat).

Buka tutup filter udara, percikan bensin pada karburator. Diciprat saja yah.. jangan disiram langsung dari botol


Kalau susah masukin bensin ke filter, gunakan selang bensin motor yg lemes dan corong. Kalau tidak tersedia corong kecil, cari tutup botol.. misalnya tutup botol parfum. Panasi ujung tutup parfum, sodok dengan besi/obeng.

Tutup parfum sebagai corong
Lebih baik beli botol oli samping variasi (ada di borma) dan selang panjang sebagai persiapan kalau mogok lagi atau untuk menolong mobil lain yang mogok.



Masalah pengapian biasanya ada di koil, busi dan kabel serta platina. Koil, busi bisa jadi mati harus diganti. Platina bisa jadi bentol, harus diamplas, bisa jadi sudah aus/rusak harus diganti.





Kenali problem starter dari bunyinya :
1. Starter cetak-cetek melulu disebabkan karena :
- Brush/arang pada dinamo starter. Ganti dengan brush/arang baru.
- Arus ke dinamo starter kurang besar yang disebabkan karena aki soak atau perkabelan yang buruk. Solusinya ganti/tambah kabel yang ke starter dan ground. Ganti aki jika aki soak
- Kerusakan pada solenoid, ganti dengan yang baru atau buka dan bersihkan.
- Arus pada trigger kurang gede, dipasang relay sehingga arus trigger dari aki.

2. Bila kerusakan pada gigi bendik maka dinamo berputar dan selip, berbunyi ngekkk.. ngekkk.
3. Starter normal kerja bunyi cengengekan tapi ngga ngga mau hidup? Bisa jadi setelan platina, koil mati, selang bensin mampet, pompa bensin lemah. Jika bensin di filter habis bisa karena filter kotor,selang bensin mampet, pompa bensin lemah. Copot selang dari tangki, sedot dengan mulut selang dari tangki(pakai selang sambungan), jika gampang disedot kemungkinan filter bensin kotor/mampet atau pompa bensin lemah. Jika berat saat disedot, berarti selang/pipa bensin mampet.

alau distarter cuman cetak-cetek doang bunyinya, cuman solenoidnya yg on-off tapi dinamo starternya ngga mau muter. Pinjam aki yang masih seger, nyalakan mesin. Saat mesin hidup, cabut kabel + aki. Kalau mesin terus jadi mati berarti dinamo alternatornya rusak.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.