Sunday, March 2, 2014

Cara Rawat dan Bersihkan Mesin Mobil Tanpa Harus ke Salon Mobil





 - Untuk menjaga performa mesin mobil agar tetap dalam kondisi maksimal, maka perlu adanya perawatan secara rutin. Perawatan pada mobil pribadi dengan membersihkan komponen mesin juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke salon mobil.
Pembersihan pada komponen seperti blok mesin, kabel busi dan ruang mesin yang meliputi bodi mesin, lapisan bawah kap mobil, silinder head hingga penutup saringan udara juga perlu dirawat.

Cara membersihkannya juga terbilang mudah, hanya dengan menggunakan bahan pembersih biasa yang mudah diperoleh, seperti engine degreaser, batu ijo, sabun colek, compound, wax, dan lap.

Pertama-tama yang harus dibersihkan adalah blok mesin bagian bawah. Caranya yaitu dengan mengoleskan batu ijo yang sudah dilarutkan dengan campuran minyak tanah ke seluruh bagian blok, kemudian bersihkan dengan lap katun bersih.

Atau bisa juga dengan menggunakan cara lainnya seperti membersihkannya dengan engine degreaser yang kemudian dilapisi dengan sabun colek untuk menghaluskan permukaan bodi blok mesin tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan sikat halus yang sudah dilapisi sabun, kemudian digosokkan ke bagian blok mesin. Untuk bagian yang sulit terjangkau, cukup menggunakan kuas lukis atau kuas cat.

Sedangkan untuk ruang dan bodi mesin, seperti silinder head, tutup karburator dan saringan udara, cukup dibersihkan dengan wax dan lap dapur berpori. Oleskan wax secara menyeluruh ke bagian-bagian bodi mesin, termasuk juga bagian bawah kap mesin. Sesudah itu, dibersihkan dengan lap dapur berpori, sehingga mengangkat seluruh kotoran sekaligus sebagai antigores. [Ded]

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.