Friday, January 31, 2014

CARA MENGATASI REM TANGAN BLONG


Berikut ini saya sampaikan pengalaman saya cara mengatasi hand brake / rem tangan yang blong ( tidak pakem ) pada mobil Kijang LSX diesel tahun 2000.
Rem tangan atau sering kita sebut Hand brake merupakan komponen mobil yang cukup vital, terutama saat parkir atau menghadapi medan yang naik turun bukit.

Berikut cara untuk mengatasi rem tangan / hand brake yang blong  ( tidak pakem )
1.      Cek kondisi kampas rem roda belakang karena pada dasarnya rem tangan ( hand brake ) hanya bekerja pada ram belakang.
2.      Kalo kondisi kampas rem masih bagus coba setel jarak tarik rem tangan. Caranya :
    1. Buka konsol boks tengah. Jumlah dan posisi baut berbeda, tergantung pada merek kendaraan.
    2. Setelah terbuka, Perhatikan mekanik didalamnya, putar baut penyetel pakai kunci 10.
    3. Putar ke kiri untuk meninggikan jarak tarik rem tangan, atau putar ke kanan untuk membuat rem tangan lebih pakem dan memperpendek jarak tarik rem tangan tersebut.
    4. Banyaknya jumlah putaran disesuaikan dengan posisi tuas rem tangan yang diinginkan.
Contoh gambar pada mobil kijang LSX (saya tidak bisa memfoto langsung dan tidak bisa mendaptkan gambar yang sesuai jadi saya ilustrasikan dari gambar yang saya temukan di internet dengan sedikit saya edit) :
konsole box kijang
menyetel rem tangan kijang
Kemungkinan lain yang membuat rem tangan ( hand brake ) tidak fungsi alias blong , seperti yang pernah saya alami pada mobil kijang LSX  diesel saya. Setelah dibwa ke bengkel kampas rem diganti , tapi hand brake tetap gak bekerja dengan baik, bengkel pun memutuskan untuk ganti kabel hand brake ( rem tangan  )  karena uda rusak sehingga seret (keras),harganya sekitar 300 ribu dan harus pesan dulu karena gak ada stock.

Karena merasa kurang puas dengan hasil kerja bengkel, saya beranikan diri untuk membongkar sendiri rem tangan tersebut. ( maklum antara kreatif, pelit, dan gak punya duit tuh bedanya tipis ) wahahahah. Setelah cek punya cek ternyata masalahnya bukan karena kabelnya seret dan harus ganti namun saat tuas rem ditarik kabel rem tidak mau menarik rem kedua sisi roda. umumnya, rem yang tidak ikut ketarik adalah sebelah kanan karena kabelnya merupakan sambungan ( perpanjangan dari kabel utama yang langsung terhubung ke rem sebelah kiri). Berikut ilustrasi cara kerja rem tangan pada kijang LSX diesel.(saya rasa cara kerja dimobil lain juga gak jauh beda / hampir mirip)
cara kerja hand brake pada Kijang LSX diesel
Solusinya :
  1. Pastikan kabel rem menarik rem di kedua sisi roda.
  2. Jika tidak, lepaskan semua kabel rem.
  3. Lumasi kabel rem dengan oli.
  4. Pastikan kabel rem bekerja dengan baik (tidak seret)
  5. beri ring pada posisi seperti gambar diatas ( tebal dan banyaknya ring sesuaikan dengan kebutuhan)
  6. Pasang kembali kabel rem pada tempatnya.
  7. Atur keketatan kedua sisi nya. Jika sala satu sisi masih tidak mau menarik rem anda bisa menambahkan beberapa ring lagi. atau sebaliknya jika terlalu ketat anda bisa melepaskan beberapa ring.
  8. setelah terpasang dengan benar coba lakukan pengetesan
  9. dan jika kedua sisi rem sudah tertarik saat tuas hand brake di tarik anda tinggal menyetelnya dengan memutar baut -10 di tangkai tuas rem tangan
Selamat mencoba, cara ini berhasil buat saya. dan menghemat 300 ribu. :)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.